5 Manfaat Golden Milk Untuk Kesehatan

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Golden milk ialah minuman asal India yang terbuat dari racikan susu, bubuk kunyit, jahe, kayu manis, serta madu sehingga menghasilkan warna kuning keemasan. Karena warna itulah tak heran jika minuman ini dinamakan golden milk.

Beberapa tahun belakangan, minuman yang punya nama lain turmeric milk ini menjadi tren di berbagai negara. Dibalik menjamurnya tren minuman ini, sudahkah kamu tahu manfaatnya bagi kesehatan? Nah, bagi kamu yang penasaran, berikut deretan manfaat sehat dari golden milk.

 

1. Mengurangi peradangan

Dilansir dari laman Healtline, bahan-bahan aktif yang terkandung dalam golden milk seperti kunyit, jahe, dan kayu manis mempunyai sifat anti inflamasi yang tinggi. Sifat inilah yang mampu mencegah peradangan serta menurunkan risiko nyeri sendi. Bahkan, minuman ini juga diakui mampu meredakan rasa nyeri akibat lelah berolahraga.

 

2. Memperbaiki mood

Salah satu bahan utama dalam pembuatan golden milk adalah kunyit. Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sejumlah khasiat, termasuk menurunkan gejala depresi serta memperbaiki mood. Hal ini dipicu karena sifat anti depresan yang dimiliki kurkumin.

Wah, kalau gitu cocok banget nih buat kamu yang lagi bad mood.

 

3. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Sistem imun merupakan bagian yang penting dalam memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain rutin melakukan olahraga, mengonsumsi makanan dengan tinggi kandungan antioksidan memang sangat dianjurkan.

Golden milk adalah salah satu rekomendasi minuman yang mengandung antioksidan tinggi. Hal ini bisa kamu peroleh dari kebaikan kurkumin yang terdapat pada kunyit.

 

4. Mengatasi masalah pencernaan

Bukan suatu rahasia lagi bila jahe merupakan salah satu rempah yang baik untuk sistem pencernaan khususnya dalam memelihara kesehatan lambung dan usus. Manfaat inilah yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi golden milk.

Laman Mindbodygreen juga menambahkan bila sifat anti mikroba, anti inflamasi serta antioksidan pada kurkumin juga memiliki khasiat serupa. Sehingga kamu tak perlu lagi meragukannya dalam mengatasi masalah pencernaan.

 

5. Meningkatkan kualitas tidur

Komposisi susu yang mengandung karbohidrat (dalam bentuk laktosa) ditambah sifat anti depresan yang dimiliki oleh kurkumin merupakan perpaduan apik untuk memberikan efek tenang saat tidur.

Dengan mengonsumsi golden milk, kualitas tidur menjadi lebih baik. Seseorang yang mengalami kecemasan pun terbukti bisa beristirahat dengan nyenyak setelah teratur mengonsumsinya setiap malam.

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan apa saja manfaat golden milk untuk kesehatan. Anyway, sudah pernah cicipi belum nih?