5 Manfaat Jintan Hitam atau Habbatussauda untuk Kesehatan

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin

Jintan hitam atau jinten hitam adalah salah satu obat herbal yang sangat populer. Herbal yang satu ini dipercaya sebagai herbal ajaib yang mampu untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja manfaat jintan hitam untuk kesehatan?

Manfaat Jintan Hitam

Penggunaan jintan hitam sebagai obat herbal sudah terjadi sejak lama. Penelitian tentang manfaat jinten hitam juga telah banyak dilakukan. Apa saja manfaat jintan hitam untuk kesehatan? Berikut adalah 5 di antaranya:

1. Agen antibakteri

Manfaat jintan hitam yang pertama adalah dapat melawan beberapa jenis bakteri patogen manusia. Beberapa jenis bakteri yang terlihat bereaksi terhadap jintan hitam adalah seperti Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan masalah seperti jerawat, bisul, pneumonia, arthritis, hingga meningitis. Bakteri lainnya yang dapat dilawan adalah seperti H. pylori.
Heliobacter pylori merupakan bakteri yang umumnya ditemukan di lambung. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan termasuk radang lambung dan tukak lambung. Kondisi yang lebih buruk, bakteri ini juga dapat menyebabkan kanker lambung.

2. Menurunkan kolesterol

Jintan hitam juga dipercaya sebagai herbal yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau kolesterol LDL dalam darah. Dilansir dari Health Line, terdapat satu review dari 17 penelitian yang menyimpulkan bahwa jintan hitam secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol HDL dan trigliserida dalam darah.

Manfaat jintan hitam menurunkan kolesterol LDL lebih tinggi didapatkan dari minyak jintan hitam dibandingkan dengan bubuk biji jintan hitam. Meskipun begitu, bubuk biji jintan hitam memiliki keunggulan lain, yaitu dapat meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah.

3. Antioksidan

Antioksidan dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu kerusakan sel. Antioksidan dapat ditemukan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, paling banyak adalah pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

Terdapat beberapa senyawa antioksidan yang ditemukan dalam jintan hitam. Hal ini lah yang membuat jintan hitam dipercaya mampu untuk menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Senyawa antioksidan yang ditemukan dalam jintan hitam adalah seperti alkaloid, saponin, karvakrol, dan timokuinon.

4. Asma

Manfaat jintan hitam selanjutnya adalah dapat meringankan gejala asma. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pengobatan asma yang dibarengi dengan konsumsi jintan hitam menunjukkan berkurangnya frekuensi batuk dan mangi. Selain itu, ditemukan juga peningkatkan fungsi pari-paru.

Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui efektivitas jintan hitam sebagai obat asma. Dilansir dari WebMD, penggunaan jintan hitam tidak sebaik penggunkaan obat-obatan seperti theophilin dan salbutamol dalam menurunkan gejala asma.

5. Membantu mengintrol gula darah

Kemampuan jintan hitam untuk mengontrol gula darah membuat jintan hitam dianggap baik untuk penderita diabetes. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak jintan hitam dapat menurunkan gula darah rata-rata dan resistensi insulin.

Selain digunakan untuk mengontrol gula darah penderita diabetes. Jintan hitam juga bisa dijadikan sebagai pencegahan diabetes karena kemampuannya untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.