5 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan sering dibicarakan banyak orang. Oleh sebab itu minyak yang terbuat dari buah zaitun ini populer digunakan mulai dari bahan masakan, masker kecantikan, hingga ramuan obat.

Nah di antara kabar yang beredar tentang manfaat minyak zaitun, berikut beberapa hal yang sudah didukung oleh ahli:

1. Bantu diet

Sebuah studi oleh peneliti dari University Hospital Tubingen melakukan penelitian kepada 11 responden pria. Mereka diberikan yoghurt rendah lemak, dan setengah di antaranya diberikan yoghurt plus ekstrak olive oil.

Setelah mengonsumsi yoghurt tersebut, tim peneliti kemudian memeriksa dan mengukur aktivitas otak pria-pria tersebut. Hasilnya, kelompok pria yang mengonsumsi yoghurt dengan ekstrak olive oil memiliki peningkatan aliran darah di daerah otak. Area ini umumnya terkait dengan konsumsi lemak.

2. Bagus untuk jantung

Minyak zaitun dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak. Studi oleh peneliti di University of Porto, Portugal, menemukan adanya berbagai antioksidan seperti DHPEA-EDA pada minyak zaitun yang membantu dalam menjaga sel darah merah dari kerusakan.

3. Kendalikan kolesterol

Sebanyak 80% kandungan lemak minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang membantu dalam menambah tingkat HDL yang dikenal dengan kolesterol baik dan mengurangi LDL atau kolesterol jahat.

4. Bikin pintar

Nutrisi dalam makanan kaya asam lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acids (MUFA) seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan alpukat disebut peneliti dapat meningkatkan kecerdasan umum seseorang.  Dipublikasi di jurnal NeuroImage, peneliti mengatakan mereka dengan kadar asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dalam darahnya memiliki kecerdasan lebih besar di jaringan dorsal otak.

5. Bikin awet muda

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, minyak zaitun disebut juga bisa memperlambat proses penuaan dengan menangkal radikal bebas. Buah zaitun sebagai sumber antioksidan untuk membantu melindungi tubuh dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan. Buah zaitun dapat mengurangi kerusakan oksidatif dalam tubuh dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.