5 Tanda Kamu Perlu Lebih Banyak Bergerak

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
 
Tidak adanya agenda olahraga dalam rutinitas harian biasanya kerap menggunakan dalih ‘jadwal yang terlalu padat sehingga tak sempat.’ Hayo mengaku aja, kamu juga pakai alasan klasik ini, kan?

Umumnya, kebiasaan ini pun tetap akan berlanjut hingga ada keluhan kesehatan fatal atau tersadarkan oleh bentuk tubuh yang semakin menjauhi impian. Padahal melalui tanda-tanda berikut ini saja, tubuh sudah memberi tahu bahwa kamu perlu bergerak lebih banyak, lho!

 

1. Terus menerus merasa lelah

Bila sudah tidur dan makan dengan cukup tetapi kamu terus menerus merasa sakit, kurang bergerak bisa jadi penyebabnya. Sebuah penelitian dari University of Georgia menunjukkan bahwa olahraga aerobik dengan intensitas sedang selama 20 menit sebanyak tiga kali seminggu meningkatkan kadar energi sebanyak 20 persen. Selain itu, sebuah tulisan di New York Times, peneliti juga menemukan bahwa saat olahraga, sistem saraf pusat langsung bekerja mengurangi rasa lelah hingga 65 persen.

 

2. Stres

Peneliti dari Carneige Mellon University menunjukkan bahwa sejak tahun 1983 hingga 2009, tingkat stres pada wanita meningkat sebanyak 18 persen dan 24 persen pada laki-laki. Kebanyakan, isu penyebabnya adalah finansial dan bombardir Informasi dari media, serta terlalu sibuk untuk relaksasi. Namun, hanya dengan berjalan, berlari, atau olahraga untuk menguatkan tubuh selama 20 hingga 30 menit, sebanyak 3 sampai 4 kali seminggu, cukup menurunkan kadar stres dengan signifikan.

 

3. Pencernaan tidak lancar

Berlari atau berjalan cepat selama 30 menit mungkin akan membuatmu lapar setelahnya. Namun, aktivitas tersebut juga akan melancarkan sistem pencernaanmu.

Hal ini karena latihan aerobik mempercepat napas dan detak jantungmu sehingga memicu peningkatan kontraksi otot-otot usus. Hasilnya, makanan yang telah dicerna pun pun dapat keluar lebih cepat dari usus dan tubuh tanpa kamu harus mengalami konstipasi yang menjengkelkan.

 

4. Tiba – tiba merasa sakit pada bagian tubuh

Pernah mengalami rasa sakit atau tiba-tiba seperti rasa tak nyaman pada tulang belakang, bahu, atau lutut tanpa pertanda? Dalam situasi ini, personal trainer Jim Karas dan Michelle Blakeley menyarankanmu untuk mulai bergerak.

 

Dengan menggerakkan otot, melemaskan persendian, dan membiarkan darah mengalir lancar ke area tersebut cukup untuk mengurangi rasa sakit. Bahkan, penderita rheumatoid arthritis yang telah cukup lama juga dapat meningkatkan kemampuan geraknya dengan melakukan latihan secara rutin.

 

5. Sulit menolak godaan

Mudah tergiur dengan rokok, alkohol, makanan pedas, dan lain-lainnya? Daripada terus mengikuti nafsu, mulailah untuk lebih banyak bergerak dan olahraga. Tak hanya membuat tubuhmu jadi sehat dan bentuk badan jadi lebih menarik, aktivitas ini akan membantumu mendistraksi dari keinginan untuk mencicipi godaaan tersebut.

Sebuah riset di jurnal Current Neuropharmacy menunjukkan bahwa derasnya aliran endorfin yang terjadi saat berolahraga bekerja pada otak sama seperti substansi adiktif yang kamu idamkan. Kalau sama-sama membuat ketagihan, kenapa tak pilih yang lebih sehat saja?