DIRGAHAYU INDONESIA KE-74, TENTANG KEMERDEKAAN YANG WAJIB KAMU TAHU!

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin

Dirgahayu Indonesia! siap – siap nih kita menyambut dan merayakan hari kemerdekaan indonesia yang ke-74 dengan euforia. Jangan lupa ya pasang bendera pusaka merah putih di depan rumah kita banyak sekali kegiatan positif  yang bisa kita lakukan di HUT RI ke -74 ini, disamping itu juga kita semestinya meneladani semangat para pahlawan bangsa yang telah berjuang untuk kemerdekaan indonesia. kita sebagai generasi penerus bangsa mesti tau nih semua hal tentang kemerdekaan supaya makin mencintai tanah air kita sendiri, yuk kita baca artikel berikut ini sampai tuntas!

Sejarah Kemerdekaan

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi atau tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang, dan ketika itu juga bertepatan dengan bulan Ramadhan 1365 H, teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta bertempat di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Pusat.

Sejarah dimulai dimana pada awalnya Belanda lah yang menguasai Indonesia, selama masa itu para pejuang kita mati-matian berjuang untuk merebut kemerdekaan. Kemudian dari pecahnya “Perang Asia Timur Raya“, Amerika Serikat menyatakan perang kepada Jepang karena serbuan tentara Jepang ke pusat pertahanan Amerika Serikat yang dikenal dengan “Pearl Harbour” pada tgl 8 Desember 1941. Kemudian tentara Jepang dengan angkatan laut dan angkatan udaranya semakin agresif beraksi mendarat di wilayah Indocina, Filipina, Malaya dan Indonesia. Jepang mendarat ke Indonesia dengan tujuan melumpuhkan pasukan Belanda. Mereka kemudian dengan cepat menguasai banyak wilayah di Indonesia yang membuat Belanda semakin terdesak dan akhirnya Pemerintah Hindia Belanda menyatakan menyerah kepada Jepang pada tahun 1942.

Latar belakang kemerdekaan Indonesia diawali dengan menyerahnya Jepang kepada sekutu yang terdiri dari Amerika Serikat, Britania Raya, Uni Soviet, dan Tiongkok karena pada tanggal 6 Agustus 1945 Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di Hiroshima. Kemudian tiga hari kemudian tanggal 9 Agustus 1945 bom atom kedua dijatuhkan di Nagasaki, dua pusat kota pemerintahan Jepang itu menjadi hancur rata dengan tanah.

Akhirnya jepang menyerah secara resmi tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. penyerahan kala itu dilakukan di kapal missouri pada tanggal 2 september 1945 oleh kaisar hirohito dari pihak jepang dan jendral douglas Mc arthur dari pihak sekutu.
setelah melewati berbagai rintangan akhirnya soekarno dengan didampingi oleh Drs. Mohammad Hatta berhasil memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.