PelangiBunga.ID
Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin

Membersihkan diri adalah suatu hal yang wajib dilakukan setiap hari. Namun, terlalu sering mandi justru bisa merusak kulit lho. Maka dari itu, pastikan kamu menggosok-gosok tubuhmu dengan sabun cukup sekali sehari. Masalahnya, kapan kamu harus mandi? Apakah kamu berpikir mandi sebelum berangkat kuliah/kerja itu merupakan suatu keharusan agar wangi, atau membersihkan diri harus dilakukan setelah beraktivitas seharian di luar rumah? 

Yuk, simak manfaat dari mandi pagi dan mandi malam. Dari manfaat-manfaat tersebut, nantinya kamu bisa memilih mana yang lebih pas untukmu.


Keuntungan Mandi Pagi

Jika kamu mandi pagi, kamu bisa:

1. Mengurangi jatah kafein. Ini penting jika kamu sedang berusaha hidup lebih sehat dengan menghentikan kecanduan kopimu. Mandi pagi bisa meningkatkan sirkulasi peredadaran darah dan membuatmu lebih terjaga dan bersemangat ketimbang kafein yang selama ini kamu konsumsi.

2. Melegakan nyeri otot. Jika kamu terbangun dengan leher terasa sakit akibat “salah bantal” atau salah posisi ketika tidur semalam, mandi pagi dengan air hangat bisa membantu menyembuhkannya.

3. Mengatasi wajah berminyak. Jika kulitmu cenderung mengilap di siang hari akibat produksi minyak berlebihan, Mandi pagi dengan air biasa (atau air dingin), bisa membersihkan minyak di wajah sekaligus mengecilkan pori sehingga kotoran tidak mudah masuk nantinya. 


Keuntungan Mandi Malam

Jika kamu mandi malam, kamu bisa:

1. Mengurangi stress dan beban pikiran sepanjang hari, karena mandi malam ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah.

2. Tidur lebih cepat. Ini cocok untuk kamu yang merasa sulit tidur di malam hari. Mandi air hangat sebelum tidur sangat menenangkan dan memberi isyarat pada tubuh untuk melepaskan hormon melatonin; sehingga otak akan berpikir bahwa waktu tidur sudah dekat dan kamu akan merasa mengantuk.

3. Tidur dengan tubuh bersih. Seyakin-yakinnya kamu bahwa kamu sudah mencuci tangan, kaki, dan wajah sebelum tidur, tetapi bakteri dan kuman-kuman kecil tidak akan bisa hilang begitu saja. Keringat juga akan berbau nantinya. Dengan mandi malam, dengan tubuh bersih, kamu bisa yakin tempat tidurmu akan tetap bersih dan harum. 

Penulis : Facetofit

× Chat