Manfaat dan Khasiat Bunga Desember Untuk Kesehatan

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin

Bunga desember merupakan bunga yang identik dengan warna merah. Bunga yang mempunyai nama ilmiah scaduxus multiflorus ini bentuknya menyerupai bola lampu, dan
di temukan di berbagai macam Negara seperti Afrika, Arab Saudi, Oman, Yemen, dan Sychelles.

Dengan bentuk bunganya yang indah bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Di dalam bunga ini terdapat kandungan yang bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit seperti luka bakar, infeksi, peradangan dan lain-lainya dan perlu kita ketahui kalau bunga desember ini juga memiliki manfaat yang sama dengan tinta gel yaitu sama-sama mampu di jadikan obat herbal juga untuk kesehatan tubuh bahkan juga untuk keperkasaan organ vitalitas dengan alami dan maksimal.

Sebutan bunga desember kerena bunga ini mekar pada saat bulan desember. Bunga ini juga dijadikan sebagai tanda mulai masuk musim hujan, hal ini dikarenakan bunga yang tertanam di dalam tanah maka akan tumbuh tinggi mengikuti tetesan air hujan.

MANFAAT BUNGA DESEMBER
1. Mengobati luka bakar

Khasiat bunga desember yang pertama dapat bermanfaat untuk mengobati luka bakar. Dengan menghaluskan bunga ini, konsumsi secara rutin dan teratur maka luka bakar yang terdapat pada tubuh akan kering dan sembuh, karena kandungan di dalam bunga ini terdapat saponin, flavonoida dan polifenol yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar lebih cepat.

2. Membunuh kuman

Manfaat lainnya dari bunga ini juga bisa membunuh kuman. Kuman merupakan organisme yang sangat kecil namun, bisa menyebabkan penyakit dan infeksi bila mereka masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bunga ini, karena kandungan polifenol di dalam bunga ini berperan penting untuk membunuh kuman di dalam tubuh.

3. Mengatasi peradangan

Bunga ini juga mempunyai manfaat untuk mengatasi peradangan. Umumnya peradangan biasa terjadi karena faktor cuaca yang tak menentu sehingga, hal itu akan mempengaruhi suhu tubuh dan terjadi peradangan. Untuk mengatasi hal tersebut dapat di cegah dengan memanfaatkan bunga ini, kandungan dalam bunga ini sangat berperan penting untuk mengatasi peradangan. Maka dari itu, konsumsilah bunga ini secara rutin.

4. Meringankan luka bakar

Luka bakar merupakan terjadinya kerusakan jaringan permukaan pada tubuh yang disebabkan oleh panas pada suhu tinggi. Jika luka bakar tidak segera di obati maka akan mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh. Untuk mengobatinya hanya dengan mengkonsumsi bunga ini dengan teratur. Kandungan yang terdapat di dalam bunga ini sangat berkhasiat untuk meringankan luka bakar.

Bunga Desember juga dijadikan tanda mulai masuk musim hujan, hal ini dikarenakan umbi yang tertanam dalam tanah akan tumbuh menjadi tumbuhan tingkat tinggi yang sempurna mengikuti tetesan air hujan yang ada. Tumbuhan ini tingginya sekitar 30-90 cm. Tumbuhan Bunga Desember merupakan tanaman hias yang sangat indah, bunganya berwarna merah berbentuk seperti bola lampu. Selain itu, bunga ini berbentuk seperti lily sehingga sering disebut juga blood lily.

Umbi Haemanthus multiflorus banyak mengandung saponin, flavonoida dan polifenol yang berkhasiat sebagai obat luka bakar. Untuk obat luka bakar dipakai umbi yang masih segar, dicuci dan diparut kemudian ditempelkan pada bagian yang luka. Polifenol yang terkandung dalam umbi Bunga Desember ini aktif membunuh kuman penyebab infeksi sehingga luka bakar akan cepat kering dan sembuh.