Manfaat Tanaman Lily Paris Bagi Kesehatan

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin

Hampir semua orang pasti tahu bunga Lily, biasanya Lily putih digunakan sebagai pajangan meja atau bunga hias pada pernikahan. Warnanya yang lembut, kelopaknya yang indah terkesan mewah, tak jarang banyak wanita menyukainya.Bunga Lily tidak hanya berguna sebagai bunga hiasan, dibalik keindahannya ternyata bunga ini menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi manusia.
Bunga yang memiliki nama latin Lilium Candidum L ini mengandung beberapa zat kimia penting,  seperti flavonoid yang mengandung antioksidan, anti kanker, dan membantu meremajakankulit, karotenoid sebagai antioksidan dan juga sapion sebagai salah satu zat penghambat pertumbuhan kanker.
 Dibalik kecantikan dan warnanya yang indah, bunga lily ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga Lily untuk kesehatan:
1. Dapat membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka di kulit, misalnya luka bakar, luka akibat jatuh. Dan kelebihannya, Lily dapat menyembuhkan luka tanpa bekas. Kulit Anda akan kembali mulus seperti semula.
2. Polisakarida yang juga terkandung di dalam bunga ini termasuk dalam kelompok hidrokoloid, fungsinya membantu meningkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit. Di dalam kulit, polisakarida ini menahan kadar air yang ada agar tetap berada dalam jumlah yang seimbang.
3. Ekstrak bunga Lily dapat membantu menjaga kelembaban kulit, memberikan perawatan spesial bagi kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.
4. Saponin pada umumnya terdapat pada umbi-umbian dan biji-bijian. Saponin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker dan membantu mengatur kadar kolesterol. Saponin ini juga terkandung di dalam Lily, itulah sebabnya beberapa produk kosmetik ada yang memanfaatkan bunga Lily untuk mencegah berkembangnya sel kanker di kulit (apalagi jika kulit terlalu sering terkena sorotan sinar matahari secara langsung).