Sambut Olimpiade 2020, Jepang Bakal Berdayakan Robot Canggih

Share
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin

 Olimpiade 2020 masih setahun lagi. Namun Jepang sudah menyiapkan robot-robot canggih untuk event olahraga terbesar di dunia tersebut.

Seperti dilansir Popular Mechanics, Rabu (24/7/2019), Toyota sebagai partner resmi Olimpiade memimpin “Tokyo 2020 Robot Project”. Penonton akan diajak menikmati pengalaman unik yang bisa ditemui pada Olimpiade edisi-edisi sebelumnya.

Robot-robot diklaim akan menempati baris depan dan pusat di Olimpiade. Ada juga robot yang berfungsi membantu melakukan berbagai tugas saat event, yang disebut Field Support Robots (FSRs).

Robot-robot tersebut bisa membawa lembing, martil, dan item-item lain saat pertandingan atletik di stadion Olimpiade. Toyota berharap robot-robot tersebut bisa memangkas waktu yang diperlukan untuk mengambil barang-barang tersebut, sekaligus meringankan beban tim pendukung saat olimpiade 2020. 

“Pada olimpiade 2020 kami ingin menangkap imajinasi para penonton dengan menyediakan robot-robot pendukung sebagai bagaian dari misi kami membuat event ini sukses,” kata  Nobuhiko Koga, Chief Officer of Toyota’s Frontier Research Center.

Bisa Diajak Bersalaman

Selain robot pendukung, ada juga robot yang menjadi maskot. Jepang sudah memilih nama untuk robot tersebut, yaitu Miraitowa dan Someity.

Dua robot tersebut akan dilengkapi kamera dan teknologi pemindai wajah. Toyota mengatakan masing-masing maskot bisa mengetahui orang yang ada di dekatnya. Setelah mendeteksi orang di dekatnya, robot tersebut akan menggunakan mata untuk menunjukkan berbagai ekspresi.

Robot-robot itu juga bisa membuat atlet bertemu atlet favorit mereka, tapi dengan cara khusus. T-HR3, robot yang dikendalikan oleh manusia, bisa memunculkan suara dan gambar dari event yang tak bisa didatangi penonton karena penuh sesak. 

T-HR3 juga juga bisa bersalaman, melambaikan tangan, dan melakukan tos dengan penonton maupun atlet.